[scis id=”1″ align=”center”]

Cek Validasi NPWP – Pengertian NPWP adalah nomor yang diberikan kepada Wajib Pajak sebagai sarana dalam administrasi perpajakan yang dipergunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas Wajib Pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya. Kode seri NPWP terdiri dari 15 (lima belas) digit, yaitu 9 digit pertama merupakan Kode Wajib Pajak dan 6 (enam) digit berikutnya merupakan Kode Administrasi Perpajakan. Tanda “.” atau “-” tidak ikut dihitung. Pada digit ke-9 merupakan suatu kode validasi atau self-checking digit. Kode validasi inilah yang berguna untuk menguji keotentikan NPWP.

Ada artikel bagus yang ditulis oleh seorang pegawai DJP di laman web berikut ini untuk mengetahui kode validasi NPWP yang terletak pada digit ke-9 dari NPWP.

Dari sumber tersebut diperoleh informasi bahwa angka digit ke-9 tersebut bergantung pada delapan digit awal dari NPWP.

Rumus Excel

Cara cek NPWP itu valid atau tidak susunannya dapat diketahui dengan bantuan Excel. Pada tulisan ini kita akan mencoba membuat suatu rumus excel guna mengecek benar atau tidaknya angka digit ke-9 dari suatu data NPWP.

Kita mulai dengan menggunakan contoh NPWP berikut ini, dan menentukan nilai seharusnya dari digit kesembilannya (self-checking digit):

NPWP: 01.234.567.?-123.000

Langkah-langkah untuk menguji keotentikan kode seri NPWP adalah sebagai berikut:

Data NPWP untuk proses pengujian: 012345674123000 (hanya angka tanpa tanda titik “.” ataupun strip “-” )

1. Ambil 8 digit angka awal dari NPWP -> 01234567

Rumus1: MID(A1,ROW(INDIRECT("1:8")),1)

2. Kalikan digit ganjil dengan 1 dan digit genap dengan angka 2;

validasi-npwp-011

3. Jumlahkan masing-masing hasilnya.Untuk hasil bilangan dengan 2 digit perlakukan sebagai dua buah bilangan.

0 + 2 + 2 + 6 + 4 + 1 + 0 + 6 + 1 + 4 = 26

Rumus2: SUMPRODUCT(-MID(TEXT(Rumus1*{1;2;1;2;1;2;1;2},"00"),{1,2},1))

Perhatikan tanda “-” minus sebelum MID, lihat rumus pada langkah ke-5 untuk mengetahui maksudnya.

4. Bulatkan ke atas ke bilangan puluhan terdekat (30 tetap 30, 31-39 menjadi 40).

30

5. Digit ke-9 NPWP didapat dari hasil langkah ke-4 dikurangi dengan hasil langkah ke-3

Digit ke-9 ->    30 – 26 = 4

Rumus3: MOD(Rumus2,10)

Dengan demikian NPWP yang benar adalah 01.234.567.4-123.000

Sehingga untuk mengecek keabsahan NPWP, rumus excel yang digunakan untuk mendapatkan kode validasi (berdasarkan 8 digit awal NPWP) adalah sebagai berikut:

=MOD(SUMPRODUCT(-MID(TEXT(MID(M3,ROW(INDIRECT("1:8")),1)*{1;2;1;2;1;2;1;2},"00"),{1,2},1)),10)

Sampai tahap ini, Rumus Excel tersebut baru sampai pada tahapan menginformasikan suatu angka kode validasi.

Karena tujuannya adalah mendapatkan informasi Valid atau Tidaknya kode seri NPWP, dengan bantuan fungsi IF, didapatkan struktur sebagai berikut:

=IF(HasilRumusKodeValidasi=DigitKesembilan,”NPWP Valid”,”NPWP Tidak Valid”)

Sehingga rumus excel lengkapnya adalah sebagai berikut:

=IF(MOD(SUMPRODUCT(-MID(TEXT(MID(A1,ROW(INDIRECT("1:8")),1)*{1;2;1;2;1;2;1;2},"00"),{1,2},1)),10) = --MID(A1,9,1),"NPWP Valid","NPWP Tidak Valid")

Catatan:
Rumus Excel tersebut di atas dibuat pada komputer dengan regional setting English (US) dengan pemisah argumen adalah tanda “,” (koma). Dan masih ada faktor lainnya yang dapat menyebabkan copy paste langsung dari halaman ini ke Excel anda tidak dapat bekerja dengan baik.

Bila anda tidak tahu harus bagaimana dengan rumus tersebut di atas, dan hanya ingin sekedar mengecek keabsahan NPWP maka disarankan menggunakan isian file Excel yang Excelku simpan pada Onedrive berikut ini:

Silakan didownload ke komputer anda bila perlu.

Bila anda ingin mengetahui lebih jelasnya mengenai tahapan pembuatan rumus excel untuk pengecekan kode validasi NPWP tersebut di atas, silakan unduh file excelnya di sini.

Menggunakan Formula Excel hanyalah satu dari sekian cara untuk mengecek keabsahan NPWP (Orang Pribadi maupun Perusahaan). tentu saja anda dapat menggunakan VBA untuk membantu proses otomasinya.

Penutup

Demikianlah sedikit penjelasan dari admin Excelku.com tentang pengujian validitas NPWP dengan Rumus Excel. Ini adalah suatu bentuk usaha untuk menebak angka kode validasi yang tertera dalam NPWP. Direktorat Jenderal Pajaklah yang paling mengetahui formula sebenarnya. Apabila ada hal yang belum jelas atau hasil rumus excel tersebut masih belum sesuai dengan data anda, mohon kiranya dapat memberitahukan lewat kolom komentar di bawah ini. Demikianlah, semoga bermanfaat dan dapat menjadi pengetahuan yang berguna terutama bagi anda yang sedang mencari informasi tentang cara menguji validitas NPWP dengan rumus excel.

0 0 votes
Article Rating