Belajar Rumus Excel IF – Bahasan berikut ini diperuntukkan bagi pengguna Excel tingkat pemula yang belum paham tentang jalannya Fungsi IF dalam Excel. Akan dijelaskan secara singkat mengenai bagaimana membuat rumus excel menggunakan Fungsi IF. Diharapkan setelah membaca sampai selesai postingan ini, pembaca sudah mendapatkan pemahaman yang cukup tentang dasar-dasar mengenai cara membuat Rumus Excel menggunakan Fungsi IF.

[scis id=”1″ align=”center”]

Penggunaan Fungsi IF pada Excel

Fungsi IF masuk dalam kategori Logical Function (Fungsi Logika). Bila anda berhadapan dengan suatu kondisi yang ingin dicek benar atau salahnya melalui pengujian logika yang menghasilkan TRUE atau FALSE, perintah logika dengan Fungsi IF dapat digunakan.

Sintaks Fungsi IF

=IF ( apakah_kondisi_ini_BENAR? ,  bila_BENAR_hasilkan_ini , bila_SALAH_hasilkan_ini )

atau versi formalnya:

sintaks-rumus-excel-if

Catatan:
Excelku.com menggunakan komputer dengan regional setting English (US) dengan pemisah argumen adalah tanda “,” (koma).
Bisa jadi pemisah argumen pada komputer anda berbeda, misal menggunakan tanda “;”.

Contoh

=IF(1<2,"Benar","Salah") menghasilkan "Benar"
=IF(1>2,"Benar","Salah") menghasilkan "Salah"

Penting! 

  • Perhatikan pada contoh di atas. Apabila bertipe numerik/ angka maka langsung tulis saja angkanya, namun apabila bertipe teks maka tambahkan tanda kutip  ” sebelum dan sesudahnya.
  • Argumen value_if_true maupun value_if_false boleh juga berupa suatu formula.
  • Selain itu perlu diingat bahwa dalam Excel setiap operasi logika atau logical_test biasanya membutuhkan Operator Pembanding. Lihat Tabel berikut ini untuk mengetahui daftar dari Operator Pembanding:
Operator Pembanding Keterangan Contoh
= Sama dengan A1=B1
> Lebih besar dari A1>B1
< Kurang dari A1<B1
>= Lebih besar atau sama dengan A1>=B1
<= Kurang dari atau sama dengan A1<=B1
<> Tidak sama dengan A1<>B1

Fungsi IF Bertingkat 

Adakalanya yang kita hadapi memiliki kondisi pengujian lebih dari satu tingkatan. Tidak perlu khawatir, karena semua argumen pada Fungsi IF mengijinkan input berupa formula. Oleh karena itu, kita dapat menggunakan Fungsi IF bertumpuk pada suatu Fungsi IF.

Fungsi IF Bertingkat, Fungsi IF Bersarang, Fungsi IF Bercabang, maupun Fungsi IF Bertumpuk, semua maksudnya sama.

Perlu diketahui bahwa Fungsi IF memiliki limitasi atau keterbatasan.

Batas fungsi IF yang bersarang pada fungsi IF pada Microsoft Excel 2003 dan versi sebelumnya dibatasi maksimal hanya 7 fungsi IF yang boleh bersarang pada sebuah Fungsi IF. Namun sejak versi Microsoft Excel 2007 ke atas, batas dinaikkan menjadi maksimal 64 IF yang diperbolehkan. Namun sebelum memanfaatkan batasan yang banyak tersebut, ada baiknya dipertimbangkan untuk memakai fungsi lain semisal LOOKUP, VLOOKUP, HLOOKUP, atau CHOOSE. Rumus Excel akan menjadi lebih tertata dan mudah dibaca.

Excel menyediakan fungsi tambahan yang dapat digunakan untuk menganalisis data Anda berdasarkan sebuah kondisi. Bila membutuhkan analisa data berdasarkan suatu kondisi tertentu. Misalnya, untuk menghitung jumlah kemunculan string teks atau angka di dalam rentang sel, gunakan fungsi lembar kerja COUNTIF atau COUNTIFS. Untuk menghitung jumlah berdasarkan sebuah string teks atau angka di dalam rentang, gunakan fungsi lembar kerja SUMIF atau SUMIFS.

Contoh Fungsi IF Bertingkat

=IF(A2=1,"Angka Satu", IF(A2=2,"Angka Dua","Bukan angka 1 ataupun 2"))
=IF(A2=1,11,IF(A2=2,22,IF(A2=3,33,IF(A2=4,44,IF(A2=5,55,IF(A2=4,44,IF(A2=5,55,IF(A2=6,66,FALSE))))))))

Penutup

Demikianlah sedikit tutorial dari admin Excelku.com tentang cara membuat Rumus Excel menggunakan Fungsi IF pada Excel. Ada baiknya anda juga membaca Excel Help Offline untuk Fungsi IF atau berkunjung ke laman berikut ini untuk Excel Help Fungsi IF Online. Setelah membaca postingan ini semoga tidak ada kebingungan lagi soal penggunaan Fungsi IF pada Excel. Apabila ada hal yang belum jelas atau ada pertanyaan seputar Rumus Excel IF jangan ragu untuk mengisi kolom komentar di bawah ini. Selamat belajar rumus excel IF dan semoga sedikit penjelasan ini dapat menjadi pengetahuan yang bermanfaat bagi anda yang ingin mengetahui tentang Fungsi IF pada Microsoft Excel.

0 0 votes
Article Rating