Belajar Rumus Excel INDEX – Bahasan berikut ini diperuntukkan bagi pengguna Excel tingkat pemula yang belum paham tentang jalannya Fungsi INDEX pada Excel. Akan dijelaskan secara singkat mengenai bagaimana cara membuat rumus excel menggunakan Fungsi INDEX. Diharapkan setelah membaca sampai selesai postingan ini, pembaca sudah mendapatkan pemahaman yang cukup tentang dasar-dasar penggunaan Fungsi INDEX.

[scis id=”1″ align=”center”]

Penggunaan Fungsi INDEX

Fungsi INDEX masuk dalam kategori Lookup & Reference, artinya fungsi INDEX adalah satu diantara sekian banyak jajaran fungsi Excel yang berfungsi membantu dalam kasus pencarian data/informasi serta rujukan.

Terdapat 2 kategori Fungsi INDEX :

  1. Array Form
  2. Reference Form

Pada bahasan kali ini akan membahas HANYA Fungsi INDEX bentuk Array (Array Form).

Sintaks Fungsi INDEX (Array Form)

=INDEX( array , row_num , [column_num] )

  • array dapat berupa range (misal: A1:C5) ataupun array constant (misal: {1,2;3,4})
  • row_num merupakan koordinat baris yang diinginkan dalam argumen array.
  • column_num merupakan koordinat kolom yang diinginkan dalam argumen array.

Catatan:
Excelku.com menggunakan komputer dengan regional setting English (US) dengan pemisah argumen adalah tanda “,” (koma).
Bisa jadi pemisah argumen pada komputer anda berbeda, misal menggunakan tanda “;” (titik koma).

Contoh Soal INDEX

Untuk segera mendapatkan gambaran tentang fungsi INDEX, berikut ini contoh sederhana dari penggunaan fungsi INDEX.

Contoh 1

contoh-fungsi-index-excel

Contoh 2

contoh-fungsi-index-excel-02

Contoh 3

contoh-fungsi-index-excel-03

Penutup

Fungsi INDEX merupakan salah satu Fungsi Excel yang seringkali di-under-estimate oleh pengguna. Contoh soal excel tersebut di atas hanyalah secuil pengetahuan dasar tentang Fungsi INDEX. Sesungguhnya Fungsi INDEX menyimpan rahasia besar dan menarik, hanya mereka, pecinta rumus excel level maniak, yang ambisius dan bersungguh-sungguh dengan keisengannya ngoprek fungsi INDEX-lah yang dapat menemukan “harta karun” tersebut.

Namun jangan khawatir, pengetahuan dasar dari contoh rumus dengan fungsi INDEX di atas sudah dapat menjadi modal yang cukup untuk umpan pikiran kreatif anda dalam memecahkan permasalah umum yang dapat dipecahkan dengan fungsi INDEX.

Demikianlah sedikit tutorial Mengenal Rumus Excel: Fungsi INDEX ini. Semoga contoh yang singkat tersebut dapat dengan cepat membuat anda menangkap kegunaan dari fungsi INDEX.  Excel help adalah sumber terbaik untuk memahami lebih jauh tentang konsep dasar dari Fungsi INDEX ini. Untuk mengerti betul tentang Fungsi INDEX, investasikan waktu anda untuk membacanya, dengan cermat!, anda tidak akan menyesali ilmu yang anda dapat di dalamnya.

Wawasan luas tentang berbagai Fungsi Excel + Semangat + Pikiran Kreatif akan menuntun anda dalam memecahkan suatu persoalan yang memanfaatkan Fungsi Excel. Selamat belajar!

0 0 votes
Article Rating