Cara untuk mencari suatu angka ataupun teks tertentu yang ada pada suatu sheet maupun workbook Microsoft Excel dapat dilakukan dengan memanfaatkan fitur “Find and Replace”. Pada kotak dialog dari fitur “Find and Replace” terdapat berbagai pilihan pengaturan pencarian. Namun, dari sekian pilihan tersebut, ada satu pengaturan yang tidak masuk yaitu pengaturan tentang bagaimana mengintruksikan Microsoft Excel agar pencarian berjalan mundur. Simak cara searching mundur pada Excel berikut ini.

[scis id=”1″ align=”center”]

Secara default bawaan dari Excel sendiri, jalan maju dari pencarian oleh fitur “Find and Replace” adalah dari kiri ke kanan begitu seterusnya untuk baris-baris di bawahnya. Untuk lebih jelasnya lihat ilustrasi berikut ini.

jalannya-find-and-replace-secara-default1

Dari ilustrasi di atas, dapat disimpulkan pula bahwa “Find and Replace” memulai pencarian dimulai dari titik start dari Active Cell.

Berjalan Mundur

Fitur “Find and Replace” boleh dibilang bukan berjalan, namun berlari dengan sangat cepatnya. Lebih cepat lagi hasilnya dengan menginstruksikan pada Excel untuk hanya melakukan pencarian pada suatu range tertentu, yaitu dengan memilih range yang diinginkan terlebih dahulu sebelum menjalankannya.

Bila sudah diketahui fitur sudah berjalan berlari dengan sangat cepat, dan sudah sangat puas dengan kecepatannya dan kalaupun ada penambahan kecepatan bakal tidak terasakan, apa lagi sih yang mau dicari?.

Memberi “makan” semangat kita agar selalu tumbuh sikap untuk terus bertanya dan mencari ide dalam hal optimalisasi.

Oke, langsung saja ya,, tips excel kali ini yaitu bagaimana caranya agar fitur “Find and Replace” berjalan mundur? pencariannya berjalan dari bawah ke atas dimulai dari suatu active cell.

Caranya adalah dengan menekan tombol Shift berbarengan dengan saat anda menekan tombol “Find Next” pada kotak dialog “Find and Replace”.

Catatan: Ketika diinginkan untuk menemukan data paling akhir terlebih dahulu dan sebelum melakukan pencarian, anda mungkin menginginkan agar posisi Active Cell berada pada sel terakhir dari range. Dapat dicoba dengan menggunakan shortcut keys Ctrl + End untuk mencapai sel terakhir dengan cepat.

Agar lebih jelas lagi tentang “Find and Replace” yang berjalan mundur, berikut ini ilustrasinya.

jalannya-find-and-replace-secara-mundur1

Dari ilustrasi di atas, dapat disimpulkan pula bahwa “Find and Replace” memulai pencarian dimulai dari titik start dari Active Cell.

Penutup

Demikianlah mengenai Cara Agar “Find and Replace” Berjalan Mundur yang dapat admin Excelku.com sampaikan. Semoga tips Excel yang sederhana ini dapat menambah perbendaharaan pengetahuan Excel anda yang mungkin belum mengetahuinya. Selamat mencoba.

5 1 vote
Article Rating