Cara Membuat Lingkaran Sempurna dengan Menggunakan Shapes Excel – Microsoft Excel mempunyai shapes dengan bentuk Lingkaran sempurna, yaitu Shapes Oval (Basic Shapes) dan Shapes Connector (Flowchart). Namun untuk membuat lingkaran sempurna dengan ukuran/size yang lebih besar dari bentukan awal membutuhkan trik tertentu. Nah, berikut ini adalah 2 Cara membuat lingkaran pada Excel.

[scis id=”1″ align=”center”]

Cara 1 (Atur ukuran secara manual)

Klik shape yang akan diubah ukurannya, setelah itu muncul Tab “Drawing Tools”, pada bagian Group “Size” tinggal diubah nilai sesuai ukuran yang dikehendaki.

sesuaikan-ukuran-lingkaran-sempurna

Dengan cara ini tidak mudah menentukan berapa nilai yang tepat untuk ukuran yang dikehendaki. Bila hal ini yang dialami, maka 2 cara berikut ini dapat anda pertimbangkan.

Cara 2 (Mengunci Aspect Ratio)

Cara ini harus menggunakan mouse, yaitu dengan cara men-drag shape dengan menggunakan mouse. Namun karena aspect ratio dari shape berubah-ubah secara otomatis mengikuti arah pergeseran mouse maka aspect ratio harus dikunci terlebih dahulu sebelum melakukannya.

Caranya, klik klanan pada shape yang ingin di-drag. Kemudian klik “Size and Properties”, sehingga muncul dialog box seperti di bawah ini dan pastikan Lock aspect ratio dalam kondisi tercentang.

lock-aspect-ratio

Dikarenakan aspect ratio telah terkunci, maka shape akan berubah besarannya saja namun aspect ratio tetap dipertahankan seperti semula.

Cara 3 (Memanfaatkan Tombol SHIFT)

Sebelumnya kita sudah mengetahui bahwa pengubahan ukuran shape menggunakan mouse (secara default) tidak lantas mempertahankan aspect ratio-nya. Trik agar aspect ratio tetap terjaga tanpa harus repot menguncinya secara manual adalah sambil menekan tombol “SHIFT” pada keyboard sewaktu men-drag mouse. Perhatikan ilustrasi berikut ini:

cara-membuat-lingkaran-di-excel

Penutup

Demikianlah 3 Cara Membuat Lingkaran Sempurna dengan Menggunakan Shapes Excel yang dapat admin Excelku.com informasikan. Semoga dapat menambah pengetahuan anda dan dapat menginspirasi anda dalam mengeksplorasi berbagai kombinasi tombol-tombol yang ada pada keyboard lainnya (Misal tombol CTRL, SHIFT, ALT, dsb).

3 2 votes
Article Rating