Ingin menguji sejauh mana wawasan dan pengetahuan anda di dunia per-Excel-an? Pecahkan misteri Excel Challenge yang satu ini. Temukan cara tercepat dan tersingkat untuk menentukan tanda pemisah desimal yang digunakan oleh Microsoft Excel yang terbuka di depan anda, tanpa petunjuk angka dan tanpa menekan tombol angka apapun.

PENDAHULUAN

Tanda pemisah desimal pada Microsoft Excel secara default mengikuti simbol desimal dari sistem komputer. Bisa dilihat pada Regional Setting pada bagian Control Panel.

simbol-desimal

Seperti pada gambar di atas terlihat pemisah desimal pada komputer adalah tanda “,” (koma).

Namun, Microsoft Excel mengijinkan pengguna menggunakan tanda pemisah desimal yang berbeda dengan sistem komputer. Pada Excel 2010 misalnya, tanda pemisah desimal dapat diatur melalui : Excel Options > Advanced > Editing options.

simbol-desimal2

Sebagaimana terlihat pada gambar di atas, apabila diinginkan pemisah desimal berbeda dengan sistem maka hilangkan tanda centang, dan mulai mengisi decimal separator dengan suatu simbol yang dikehendaki.

THE CHALLENGE!

Anda berada di depan sebuah komputer dengan kondisi Microsoft Excel dengan sheet kosong sedang dibuka. Sebagai informasi, pemisah desimal dari Excel tersebut telah dipastikan bukan tanda “,” (koma) dan bukan pula tanda “.” (titik) sebagaimana pemisah desimal yang banyak digunakan.

Misi anda adalah mencari cara tercepat dan tersingkat yang anda bisa untuk menentukan tanda atau simbol apakah yang digunakan oleh Excel sebagai pemisah desimal? Dengan batasan anda tidak diperbolehkan menekan tombol angka pada keyboard.

Selamat mencoba… Goodluck!

(Bila ada yang belum jelas dengan soalnya jangan ragu untuk bertanya.)

0 0 votes
Article Rating