Kurs KMK atau Kurs Pajak Hari Ini Terupdate Langsung Dari Sheet Excel Anda –  Kurs Pajak atau biasa juga disebut dengan sebutan Kurs KMK (karena dikeluarkan melalui Keputusan Menteri Keuangan) adalah merupakan nilai kurs sebagai dasar pelunasan bea masuk, Pajak Pertambahan Nilai Barang dan Jasa dan Pajak Penjualan atas barang mewah, bea keluar, dan Pajak Penghasilan. Kurs Pajak mingguan sejak 17 Oktober 2012 mengalami perubahan periodisasi yaitu penetapan kurs baru dilakukan pada setiap hari Rabu. Biasanya dalam Keputusan Menteri Keuangan tersebut ditentukan sebanyak 25 mata uang asing.

[scis id=”1″ align=”center”]

Namun dalam hal kurs valuta asing lainnya tidak tercantum, maka:

  • nilai kurs yang digunakan sebagai dasar pelunasan
  • adalah kurs spot harian valuta asing yang bersangkutan di pasar internasional terhadap dolar Amerika Serikat
  • yang berlaku pada penutupan hari kerja sebelumnya
  • dan dikalikan kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat
  • sebagaimana ditetapkan dalam Keputusan Menteri Keuangan tersebut.

Perlu diketahui diawal, bahwa ini adalah postingan yang cukup panjang, bila anda tidak sabar dan ingin langsung menuju pada intinya, klik di sini

Sumber Informasi Kurs Pajak Terupdate

Cara pencarian informasi Kurs Pajak atau Kurs KMK paling cepat adalah via Internet. Beberapa di antaranya adalah:

  1. kemenkeu.go.id
  2. pajak.go.id
  3. beacukai.go.id

Dan masih banyak lagi sumber lainnya yang tersebar di Internet.

Biasanya cara pengaksesannya adalah dengan mengunjungi ke halaman Kurs Pajak yang tersedia pada web tertentu. Ada yang mengetik alamat webnya langsung pada browser, ada yang memilih dari daftar bookmark, ada pula yang memulai dari google search. Berbagai macam cara yang biasa dipakai, setiap orang punya preferensi masing-masing. Ada yang mengandalkan tabel kurs pajak yang disajikan oleh suatu web. Ada pula yang lebih suka akses langsung ke bagian format Surat Keputusan Menteri Keuangannya. Ada pula yang membandingkan keduanya untuk meyakinkan kebenaran kurs pajak yang akan digunakan.

Cara-cara tersebut di atas sudah lazim digunakan oleh hampir semua orang dalam mendapatkan informasi kurs pajak per tanggal tertentu. Kali ini Excelku akan berbagi informasi tentang salah satu cara LAINNYA dalam pengaksesan info kurs pajak khususnya kurs pajak terbaru atau kurs pajak per hari ini, langsung pada Sheet Excel…

The Power Of Microsoft Excel

Katakanlah, karena suatu alasan tertentu anda membutuhkan informasi Kurs Pajak atau Kurs KMK langsung pada Sheet yang ada pada file Excel. Bagi anda, data kurs Pajak atau Kurs KMK yang tersimpan langsung pada file Excel akan sangat membantu memudahkan pekerjaan.

Hal tersebut tidaklah mustahil, dengan kemampuan Microsoft Excel yang semakin canggih dan sangat support terhadap pengembangan spreadsheet sebagai alat Business Intelligence. Beberapa cara yang dapat ditempuh untuk mencapai tujuan tersebut (Informasi Kurs Pajak terupdate langsung pada Sheet Excel) adalah sebagai berikut:

  1. Menggunakan Visual Basic for Applications
  2. Menggunakan Power Query

Kali ini Excelku hanya akan membahas khusus cara yang kedua, yaitu menggunakan Power Query.

Power Query

Apa itu Power Query?, Power Query adalah sebuah Add-in yang dikembangkan oleh Microsoft. Add-in Power Query ini dapat diibaratkan suatu jembatan sekaligus mesin pemroses tranformasi data antara Excel dengan suatu data sumber baik dari dalam maupun luar Excel. Power Query adalah satu senjata andalan dari 5 senjata Power BI dari Microsoft dalam Microsoft Excel, senjata lainnya itu adalah Power Pivot, Power View, Power Map, dan Data Mining Client for Excel.

Sebelum lanjut pada solusi, perlu diketahui bahwa Power Query membutuhkan minimal Microsoft Excel 2010. Anda harus memastikan Power Query telah terinstall dan telah diaktifkan. Apabila belum punya dapat di-download di sini. Setelah Add-in berhasil diaktifkan maka akan muncul tab Power Query seperti di bawah ini:

power-query-ribbon-tab

Cari Kurs Pajak Terupdate Hari Ini dengan Power Query (Add-In Microsoft Excel)

Dan sekarang kita masuk pada teknis pengambilan data info Kurs Pajak atau Kurs KMK yang ada pada suatu web. Dengan berbagai pertimbangan Excelku memilih informasi kurs pajak yang terpampang pada web kemenkeu.go.id tepatnya di http://www.fiskal.kemenkeu.go.id/2010/edef-kurs-pajak-db.asp

Untuk mengakses data tersebut ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Pada Tab “Power Query” bagian Group “Get External Data” selanjutnya klik icon “From Web” sebagaimana terlihat pada gambar di bawah ini:

power-query-get-external-data-web

 2. Isikan laman web yang akan dijadikan rujukan dan klik OK.

rujukan-web-kurs-pajak

3. Pilih Table yang diinginkan (dalam hal ini adalah “Table 0”) dan klik Edit

power-query-load

4. Setelah Power Query menampilkan secara otomatis hasilnya, selanjutnya klik icon Close & Load untuk mentransfernya ke dalam Worksheet.

query-editor-kurs-pajak

5. Hasil Power Query dari data http://www.fiskal.kemenkeu.go.id/2010/edef-kurs-pajak-db.asp

contoh-hasil-power-query-kurs-pajak

Bagian Terpenting!

Pokok postingan Excelku kali ini sudah jelas yaitu mengakses data web dari Kurs Pajak atau Kurs KMK terupdate hari ini. Dan cara yang digunakan adalah fokus pada pemilihan Power Query dan Microsoft Excel sebagai alatnya. Dan sekarang data Kurs Pajak sudah bisa didapat. Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana bila besok lusa atau lain hari kursnya berubah? sedangkan tampilan table hasil query masih menunjukkan data lama?. Anda benar!… tinggal lakukan Refresh, perintahkan Power Query untuk menjalankan querynya kembali, dan data kurspun terupdate. Saya ulangi sekali lagi: Untuk memperbarui hasil query atau dengan kata lain cara cari  kurs pajak terupdate hari ini kembali melalui Power Query adalah dengan melakukan “Refresh” dari Table hasil query tersebut. Refresh secara manual dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu:

  1. Klik area table, selanjutnya klik kanan pada mouse.
  2. Klik icon Refresh pada Ribbon Tab “Table Tools – Query” bagian Group “Load”.

Penutup

Demikianlah informasi yang dapat admin Excelku.com bagi tentang Cara Cari Kurs Pajak Hari Ini Terupdate Langsung Dari Sheet Microsoft Excel. Satu lagi, harap diingat bahwa data yang sampai pada sheet Excel tersebut soal benar atau tidaknya tergantung pada benar atau tidaknya penginputan data yang ada pada web sumber… OK. Demikianlah semoga dapat menambah pengetahuan dan wawasan anda serta dapat memberikan inspirasi baru dalam memperlancar pekerjaan. Bagi Anda yang menggunakan Excel 2007 atau versi sebelumnya dapat menggunakan aplikasi Power BI. Salam Refresh dari Power Query! 🙂

 

0 0 votes
Article Rating