Lapor SPT Tahunan PPh Orang Pribadi semakin mudah dengan e-Filing.  Bagi anda orang pribadi yang pelaporan SPT Tahunannya menggunakan Form 1770 SS maupun 1770 S maka dapat memanfaatkan jalur e-Filing ini. Dengan e-Filing maka pengisian maupun penyampaian SPT menjadi lebih mudah, cepat, dan hemat. Dengan e-Filing penyampaian SPT dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun.

[scis id=”1″ align=”center”]

Apa itu e-Filing?

e-Filing merupakan tata cara penyampaian SPT Tahunan secara elektronik yang dilakukan secara online dan real time melalui jalur Internet. Artinya sepanjang anda terkoneksi dengan jaringan internet maka menyampaikan SPT dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun, 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu. Cepat, mudah dan hemat tanpa harus berhadapan dengan macet dan antrian.

Syarat Untuk Bisa Menggunakan e-Filing

Dalam dunia kependudukan kita mengenal NIK (Nomor Induk Kependudukan), dalam dunia perpajakan kita mengenal NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), dalam sistem e-Filing perpajakan beda lagi dimana kode induk identitas dalam e-Filing dinamakan e-FIN (Elektronik Filing Identification Number).

Bagaimana Caranya Mendapatkan e-FIN?

e-FIN dapat diperoleh dengan mengajukan surat permohonan dengan datang langsung ke KPP (Kantor Pelayanan Pajak)  manapun yang berada di seluruh Indonesia. Surat Permohonan yang sudah diisi lengkap dilampirkan pula dengan fotokopi KTP & fotokopi Kartu NPWP. Bila diwakilkan harus melampirkan surat kuasa bermeterai. Contoh formulir surat permohonan e-FIN dapat di-download di sini.

Pemberian e-FIN  selesai maksimal dalam 1 hari kerja. Harap diperhatikan, setelah e-FIN di dapat segera lakukan pendaftaran dan aktivasi karena setelah 30 hari apabila tidak dilakukan registrasi atau pendaftaran maka akan hangus. Pendaftaran dilakukan dengan mengunjungi djponline.pajak.go.id.

Pelaporan SPT Tahunan Orang Pribadi (Form 1770S & 1770SS)

Setelah e-FIN terdaftar dan telah dilakukan aktivasi, maka anda sudah dapat melaporkan SPT melalui e-Filing melalui menu “Pelaporan SPT” pada djponline.pajak.go.id baik akses melalui PC, Tablet maupun Smartphone anda,

Tidak perlu khawatir mengenai pengisiannya, karena setelah anda login maka anda sudah dapat mengakses Video Tutorial Pengisian SPT Tahunan Formulir 1770S ataupun 1770SS.

Excelku tidak akan masuk pada pembahasan pengisian SPT Tahunan online e-Filing tersebut. Apabila saat anda membaca postingan ini belum mengajukan permohonan e-FIN namun ingin tahu mengenai SPT Tahunan Orang Pribadi Online ini, dapat men-download file Materi Sosialisasi e-Filing berikut ini:

  1. S-KUP-002-15-00-Slide Penyampaian SPT Tahunan Melalui E-Filing
  2. S-KUP-007-14-00-Slide e-FIN
  3. Video Tutorial Cara Pengisian SPT Tahunan Formulir 1770S
  4. Video Tutorial Cara Pengisian SPT Tahunan Formulir 1770SS

Penutup

Demikian sedikit sharing informasi tentang Penyampaian SPT Tahunan PPh Orang Pribadi Melalui e-Filing. Semoga informasi yang singkat ini dapat memberikan gambaran umum yang bermanfaat bagi anda. Harapan kita semua aturan pajak bisa lebih simpel dan pelaporannya pun semakin mudah. Ingat, batas waktu penyetoran  atau pembayaran SPT Tahunan Orang Pribadi adalah sebelum SPT PPh Tahunan Orang Pribadi disampaikan, dan batas waktu pelaporan SPT Tahunan Orang pribadi adalah 3 bulan setelah akhir tahun pajak (31 Maret). Akhir kata, jadilah bijak dengan taat membayar pajak karena pajak untuk pembangunan yang lebih baik bagi negeri tercinta ini 🙂

0 0 votes
Article Rating