[scis id=”1″ align=”center”]

Contoh Laporan Keuangan Perusahaan – Sebagai bentuk pertanggungjawaban manajemen dalam mengelola perusahaan dibuatlah laporan keuangan perusahaan. Laporan keuangan (laporan posisi keuangan (neraca), laporan laba rugi, laporan perubahan ekuitas, laporan arus kas, serta catatan atas laporan keuangan) yang dibuat harus sesuai dengan standar akuntansi keuangan yang berlaku.

Bagi Anda yang sedang mencari informasi mengenai contoh laporan keuangan perusahaan. Berikut ini adalah beberapa contoh laporan keuangan perusahaan yang semoga dapat memberikan gambaran (secara umum) tentang berbagai macam laporan keuangan perusahaan.

Harap diperhatikan berikut ini hanyalah sekedar contoh, dalam penerapannya tidak harus persis karena masing-masing perusahaan mempunyai ciri khas atau keunikan masing-masing serta kebijakan tingkat penyajian informasi yang berbeda-beda. Sepanjang masih sesuai dengan standar akuntansi keuangan yang berlaku ya oke sajalah.

[scis id=”1″ align=”center”]

Contoh Laporan Keuangan Perusahaan

1. Laporan Keuangan Perusahaan Pubik

Bagi Anda yang ingin men-download atau mencari laporan keuangan perusahaan publik dapat langsung mengaksesnya di sini.

2. Ilustrasi Laporan Keuangan (Konsolidasian) Perusahaan Publik

PWC Indonesia mempunyai ilustrasi yang sangat bagus untuk contoh laporan keuangan perusahaan publik. Ilustrasi (menggunakan contoh perusahaan fiktif bernama: PT Indonesia Tbk) dapat diakses di sini.

PWC Indonesia juga mempunyai contoh ilustrasi laporan keuangan perusahaan pertambangan (menggunakan contoh perusahaan fiktif bernama: PT Mining Indonesia Tbk). Akses di sini.

3. Pedoman Penyajian dan Pengungkapan Laporan Keuangan Emiten atau Perusahaan Publik (Bapepam: KEP-347/BL/2012)

Dengan adanya perubahan PSAK yaitu dalam rangka konvergensi PSAK ke International Financial Reporting Standard (IFRS) maka Bapepam (pada tahun tahun 2012) memandang perlu adanya update terkait Pedoman Penyajian dan Pengungkapan Laporan Keuangan sebelumnya. Pedoman tersebut dapat diakses di bagian VIII.G.7 di sini.

4. Pedoman Penyajian dan Pengungkapan Laporan Keuangan Emiten atau Perusahaan Publik (Bapepam: SE-02/PM/2002)

Meski SE-02/PM/2002 telah dicabut melalui KEP-347/BL/2012 (karena konvergensi PSAK ke IFRS) namun sebagian besar informasi di dalamnya masih bermanfaat (sepanjang masih sesuai dengan standar akuntansi keuangan yang berlaku.

Pada lampiran SE-02/PM/2002 terdapat berbagai contoh laporan keuangan perusahaan. Anda dapat menemui contoh laporan keuangan perusahaan manufaktur, contoh laporan keuangan perusahaan dagang, contoh laporan keuangan perusahaan jasa, contoh laporan keuangan perusahaan konstruksi, dan sebagainya.

Contoh laporan keuangan tersebut (dalam bentuk file pdf) dapat diakses di sini.

Penutup

Demikianlah informasi dari Excelku.com mengenai Contoh Laporan Keuangan Perusahaan. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari contoh laporan keuangan perusahaan.

0 0 votes
Article Rating